Login

POLITEKNIK ATMI

Competentia . Conscientia . Compassio

Serikat Jesus

ATMI adalah salah satu lembaga pendidikan milik Serikat Jesus Provinsi Indonesia. Dalam menjalankan misi pendidikan, Serikat Jesus mengedepankan pendidikan humaniora dan memberikan perhatian besar kepada perkembangan masing-masing pribadi. Semangat lebih membuat lembaga pendidikan Serikat Jesus diakui di seluruh dunia sebagai lembaga pendidikan yang baik dan bermutu tinggi.

ignatius

Serikat Jesus (SJ) adalah ordo religius yang ada dalam Gereja Katolik. Didirikan pada tahun 1540 oleh St. Ignatius Loyola, bersama sembilan sahabatnya. Anggota dari Serikat Jesus lebih dikenal dengan sebutan "Jesuit”. Menurut statistik awal tahun 2000, jumlah anggota Serikat Jesus di seluruh dunia mencapai kurang lebih 18.000 orang. Mereka adalah imam, bruder dan frater (anggota yang sedang dalam masa studi untuk menjadi imam). Mereka berasal dari berbagai bangsa, suku, latar belakang adat istiadat dan kebudayaan yang berbeda-beda.

Para Jesuit termasyur sebagai religius yang sangat menghayati kaul ketaatan kepada pembesar, di samping 2 kaul yang lain: kemiskinan dan kemurnian. Kaul-kaul dihayati oleh seorang Jesuit sebagai alat kerasulan bagi orang lain, dan tidak semata-mata untuk kesucian diri sendiri. Para Jesuit menghayati semangat Latihan Rohani dengan selalu ingin menjadi magis, menjalankan discernment, menghayati panggilan Raja Kristus.

Anggota Serikat Jesus tersebar di 112 negara di seluruh dunia dengan berbagai macam ragam karya pelayanan. Di samping melakukan karya tradisional seperti bekerja di gereja paroki, ada banyak Jesuit yang bekerja sebagai ahli hukum, ahli perbintangan, psikolog, artis, penulis, ilmuwan dan juga pendidik. Dengan kata lain, pekerjaan Jesuit mencerminkan seorang yang ingin menemukan Tuhan dalam segala sebagaimana dikatakan oleh St. Ignatius, Ad Maiorem Dei Gloriam (demi Kemuliaan Allah yang lebih besar). Misi Serikat di manapun para anggotanya berada adalah menyebarkan iman dan menegakkan keadilan dengan berdialog dengan budaya dan bekerja sama dengan rekan awam. Meskipun berasal dari berbagai bangsa dan bekerja di segala bidang yang berbeda, para Jesuit tetap menunjukkan kesamaan dalam semangat, sikap, cara hidup dan cara pelayanan.

misa

Serikat Jesus Provinsi Indonesia adalah bagian dari Serikat international. Serikat Jesus Provinsi Indonesia aktif dalam berbagai bidang kerasulan baik di dalam negara Indonesia ataupun di luar Indonesia, di manapun dibutuhkan. Bersama dengan seluruh umat Gereja, para Jesuit menempatkan diri mereka dalam Tuhan yang hadir di dunia ini dan bertanya kepada dirinya sendiri, pertanyaan yang sama yang juga dilontarkan oleh St. Ignatius kepada para anggota awal Serikat: "apa yang sudah aku lakukan bagi Kristus, apa yang sedang aku lakukan bagi Kristus dan apa yang akan aku lakukan bagi Kristus". Per Januari 2011, jumlah Jesuit yang tergabung dalam Provinsi Indonesia ada 429 orang,  dan terdiri dari 116 frater skolastik, 30 bruder, dan 283 imam. Pada tahun 2010 Provinsi Indonesia merayakan 150 tahun karya SJ di Indonesia. Para Jesuit bekerja di banyak paroki di Keuskupan Jakarta, Semarang, Purwokerto dan Medan; dalam karya pendidikan di SMA Kanisius Jakarta, SMA Loyola Semarang, SMA de Britto Yogyakarta, SMK PIKA Semarang, SMK Mikael Surakarta, Akademi Tehnik Mesin Surakarta, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yayasan Strada Jakarta, Yayasan Kanisius Semarang-Kedu-Yogyakarta-Surakarta; karya Audio Visual Puskat, Penerbitan Kanisius, pembimbing rohani para calon imam, karya sosial karitatif, dlsb.

Untuk lebih mengenal Ordo Serikat Jesus, silahkan klik http://www.provindo.org

romo2