Login

POLITEKNIK ATMI

Competentia . Conscientia . Compassio

I-Cell

I-CELL (Innovation Cell) Business and Technology Incubator dipersiapkan oleh ATMI Surakarta sejak tahun 2006 dan mulai diuji cobakan (pilot project) pada tahun 2008. I-Cell adalah sebuah proyek yang bertujuan mengembangkan dan menguji potensi serta usaha bisnis baru. Dalam proyek ini generasi muda berbakat diberikan kesempatan untuk membentuk masa depan mereka menjadi pelaku-pelaku utama dalam pengembangan dunia industri. I-CELL diharapkan akan menghasilkan ahli-ahli teknologi dan pengusaha-pengusaha baru (entrepreneurs).

I-CELL dengan motto “Innovation for a Brighter Future” melatih generasi muda yang telah dipilih dari seluruh Indonesia dalam tim selama 4 bulan. Tim ini akan bekerja dalam proyek-proyek inovatif. Setiap proyek didukung jaringan konsultan dan trainer yang handal (para Doktor dari Perguruan Tinggi yang memiliki reputasi baik) dan dibimbing oleh para pendamping teknik yang berpengalaman (expert/mentor dari industry) serta eksekutif bisnis dari perusahaan-perusahaan terkemuka. Para peserta pelatihan bekerja di suatu lingkungan kerja yang disediakan untuk mendukung proses inovasi. Dalam proses pelatihan, mereka dapat bertemu secara langsung dengan pemimpin-pemimpin bisnis dan teknologi regional untuk berdiskusi sekaligus menimba ilmu dan pengalaman yang berguna untuk perkembangan jiwa kepemimpinan (leadership) dan kewirausahaan.

I-CELL mengadopsi prinsip-prinsip manajemen inovasi dalam program pelatihannya. Konsep yang diusung dalam I-CELL adalah menggabungkan berbagai perspektif untuk menggarap ide-ide inovatif yang dimunculkan dari permasalahan industri. Inovasi lebih mungkin terjadi ketika orang dari berbagai latar belakang disiplin ilmu dan bidang keahlian yang berbeda bekerja sama dan membagikan yang mereka miliki untuk memecahkan suatu masalah. Dengan konsep ini, I-CELL merekrut generasi muda untuk terlibat dan berinovasi di dalamnya.

VISI dan MISI
Sesuai dengan Visi dan Misi ATMI, I-CELL bertujuan untuk menciptakan masyarakat industri yang adil dan sejahtera dengan menghasilkan tenaga profesional yang bermartabat berbasis Competence, Conscience dan Compassio. Dalam mewujudkan Visi itu, I-CELL menyediakan lingkungan dan jaringan kerja yang terpadu untuk mengembangkan pendidikan dan industri yang inovatif dan bermoral tinggi. Misi itu memberikan kesempatan kerjasama yang erat dan saling mendukung antara Industri, Universitas, Lembaga Pemerintah dan ATMI sebagai penyelenggara I-CELL:

  • Industri mendapatkan manfaat untuk menguji dan memunculkan inovasi terkait masalah/problem yang ada (manajemen, teknologi, proses produksi, dll.) dan tantangan yang dihadapi sekaligus mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kandidat karyawan yang potensial dan profesional ( intrapreneur) di level manajemen.
  • Universitas dan Institusi Pendidikan terkait akan mendapat keuntungan secara langsung untuk menguji teori dengan kasus nyata di Industri.
  • Peserta I-CELL mendapat sarana dan lingkungan yang nyata untuk bekerjasama mengembangkan inovasi dengan dukungan para ahli baik Industri maupun Universitas.
  • Dengan Inovasi yang dihasilkan, maka secara keseluruhan, I-CELL ikut berperan aktif didalam mewujudkan perkembangan ekonomi regional yang menjadi perhatian dari Pemerintah.

Hasil yang diharapkan

I-CELL dibentuk untuk menjadi institusi pelatihan terbaik bagi calon pemimpin dan wirausahawan muda di Indonesia, dengan senantiasa memupuk dan mengembangkan kreatifitas dan inovasi demi masa depan yang lebih baik. Dengan tujuan tersebut, proses kegiatan I-CELL diarahkan untuk:

  • Mendorong terciptanya ide-ide bisnis yang muncul dari permasalahan yang ada. Ide-ide inovatif ini dari awalnya diarahkan ke kebutuhan pasar tertentu.
  • Mempersiapkan peserta dengan berbagai pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan level kualifikasi setiap tim yang direncanakan untuk merintis industri baru.
  • Mempersiapkan peserta dengan pendampingan dan konsultasi cara pemecahan masalah yang efektif serta memupuk jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan dalam diri peserta dengan sasaran sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang jelas.
  • Memberikan pelayanan kepada industri dengan membantu memecahkan permasalahan yang ada untuk dijadikan peluang bisnis baru.

Proyek-Proyek I-CELL

Tema utama yang akan digarap dalam I-CELL terdiri dari tiga kelompok:

  1. Renewable Energy (Enerji terbarukan)
  2. Food Processing (Pengolahan makanan)
  3. Clean Environment (Pengolahan limbah)

Your Problem is Our Challenge” adalah bagian tantangan inovasi untuk proyek-proyek I-CELL, beberapa proyek di I-CELL saat ini telah memasuki fase set-up Industri (Start-Up Incubation) antara lain PT. AKA, PT. AKE, KUB. ORSOLINDO, PT. Samudra Agar Indonesia, dan PT. MauCoCo Indonesia dengan pendampingan oleh PT. ATMI BizDEC selama 2 (dua) tahun dan setelah itu diharapkan mampu untuk mandiri.

Contact Person:

Rm. JB. Clay Pareira SJ
Office Phone : 0271-7686214
Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Untuk informasi dan pertanyaan tentang I-Cell (Incubator Cell) silahkan menghubungi tim manajemen kami:

Akademi Tehnik Mesin Industri (ATMI) – Surakarta
Jl. Adisucipto KM9,5 Surakarta
Telp: 0271 – 7686214, 7686218, 7686219 Fax: 0271 – 714390